Selamat Datang di Toko Perlengkapan Haji & Umroh Surabaya.

Waspada Penipuan Dalam Bentuk DAM


Dam merupakan ibadah pengganti dengan menyembelih seekor kambing. Jamaah calon haji Indonesia diminta untuk mewaspadai penipuan saat membayar dam haji tamatu.
Saat Haji banyak orang yang menawarkan jasa pembayaran DAM dengan harga murah dan jamaah tidak perlu repot untuk ikut ke pasar membeli kambing. Bahasa lainnya adalah Calo DAM, Harga yang ditawarkan para calo biasanya dibawah harga kambing yang dijual dipasaran.
Harga seekor kambing dam bervariasi antara 300 riyal - 700 riyal. Jamaah calon haji yang ingin memilih langsung dan melihat proses penyembelihan hewan dam bisa datang langsung ke Pasar Kakiyah yang berjarak 10 kilometer dari Kota Makkah.
Pasar Kakiyah adalah pasar hewan terbesar di Kota Makkah. Jika terkena DAM segeralah untuk membayar dam agar tidak terjebak dengan harga kambing yang akan semakin mahal. Di pasar Kakiyah, jamaah calon haji bisa menawar langsung harga hewan yang dijual. Jamaah calon haji harus langsung membeli kepada penjual hewan kurban. 
Namun jika jamaah tak mau repot, disarankan untuk membayar dam melalui bank Islam yang biasa menerima pembayaran. Bank-bank Islam biasanya akan mengeluarkan pengumuman tentang besaran nilai dam yang bisa dibayar jamaah. Sebaiknya membayar di bank yang ditunjuk pemerintah Arab Saudi karena dam-nya akan disalurkan ke negara-negara yang membutuhkan. Selain itu jamaah akan merasa lebih yakin dan pasti dam yang dibayarkannya dibagikan ke tepat sasaran.