Selamat Datang di Toko Perlengkapan Haji & Umroh Surabaya.

Agar Tetap Sehat & Fit Saat Haji

Kesehatan merupakan faktor penting untuk  menunaikan rukun haji, diperlukan kondisi tubuh yang prima agar kita dapat menunaikan haji secara sempurna.
Meskipun kondisi tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor usia, bukan berarti calon jamaah berusia muda kondisi fisiknya lebih baik dibanding yang berusia lanjut.
Ada beberapa hal yang bisa anda persiapkan di Tanah Air yang diharapkan bisa membantu meningkatkan vitalitas kesehatan anda saat berada di Tanah Suci.
1. Sebelum berangkat ke Tanah Suci, persiapkan kesehatan anda dengan berolahraga yang cukup. Olahraga yang sangat disarankan untuk dilakukan pada tahap persiapan ini, adalah berjalan kaki. Karena sebagian besar Ibadah haji dilakukan dengan berjalan kaki jarak jauh, jauh hari kita harus membiasakan diri dengan berjalan kaki minimal 7KM. Jarak tersebut memang cukup jauh. Tapi, dengan berlatih teratur, jarak tersebut akan bisa dilakukan dan bahkan mampu dilampaui.
Tidak perlu setiap hari berlari saat anda menyiapkan kondisi fisik ini, cukup sepekan sekali saja jika memang anda merasa tidak cukup siap untuk melakukannya. Dengan persiapan yang cukup itu, anda tidak perlu khawatir akan kerepotan ketika harus berjalan kaki dengan jarak yang jauh saat melaksanakan ibadah haji. Perlu diingat, selama masa persiapan itu, anda juga tidak perlu dibebani dengan target harus berlari sejauh mungkin. Cukup semampu yang anda bisa saja.
2. Kurangi kegiatan yang tidak penting. Misal ngerumpi di tetangga, main game, menonton bola hingga larut malam, dll.
3. Mulailah untuk menyeleksi asupan makanan ke tubuh anda. Seperti diketahui, asupan makanan yang disarankan untuk menambah vitalitas tubuh adalah makanan bergizi. Latihan fisik bisa menjadi percuma jika anda tidak juga menyeleksi makanan yang boleh dan tidak masuk ke tubuh anda. Artinya, antara mengkonsumsi makanan bergizi dan menyeleksi makanan yang tidak layak secara kesehatan, dalam persiapan ini menjadi hal yang bersinergi.
4. Menyiapkan obat-obatan pribadi yang biasa dikonsumsi. Seringan apa pun penyakit yang anda derita, alangkah baiknya jika obatnya sudah dipersiapkan sejak dari sebelum berangkat. Dengan cara seperti itu, anda yang sudah kelelahan saat beribadah, tidak akan kesulitan mencari obat pada saat sangat dibutuhkan.

5. Istirahat yang cukup, saat akan pergi haji sebaiknya kita beristirahat dengan cukup. Bila perlu kurangi jam lembur kerja anda.

Semoga bermanfaat.